search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Cara Anak Muda di Tabanan Refleksikan Harkitnas
Sabtu, 21 Mei 2022, 12:40 WITA Follow
image

beritatabanan.com

IKUTI BERITATABANAN.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITATABANAN.COM, TABANAN.

Memaknai Hari Kebangkitan Nasional, Yayasan Rumah Cahaya Yadnya mengajak anak muda Tabanan untuk melakukan refleksi dan diskusi yang diikuti oleh beberapa tokoh anak muda serta pelajar hingga mahasiswa.

Kegiatan Fokus Grup Discussion (FGD) digelar pada Jumat, (20/5).

Ketua Yayasan Rumah Cahaya Yadnya Ni Putu Panca Wardani Lodra mengatakan, pihaknya sengaja membuat acara diskusi dengan tema “Gagasan Pemuda Untuk Tabanan Era Baru”. 

“Saya pribadi melihat anak muda Tabanan banyak gagasan. Tapi ruang untuk menumbuhkan hingga mewujudkan masih minim,” ujarnya. 

Selain itu, Panca Wardani menilai, Tabanan memiliki ekosistemnya sendiri. Artinya, anak muda Tabanan agak kesulitan mengembangkan kreatifitas karena beberapa faktor.

“Misalkan karena lingkungan yang monoton atau sama, kecuali mereka bisa keluar dan berkembang,” ujarnya.

Untuk menumbuhkan sikap yang siap nemerima dinamika dan berani beradu gagasan, ia menilai sangat penting untuk mulai belajar berbicara di depan umum. Proses itu, sangat bagus dimulai dengan kebiasaan berdiskusi.

“Selain melatih kemampuan berbicara, juga mengasah dan menambah wawasan,” katanya.

Salah satu undangan pada acara tersebut, Ketua Peradah Tabanan I Made Bayu mengatakan, cukup senang ada pihak yang menyelenggarakan diskusi yang diikuti oleh anak muda. 

 

Ia menilai, diskusi semacam ini bisa merangsang berpikir kritis dan belajar memahami persoalan sosial. 

“Seperti persoalan ogoh-ogoh, kami di Peradah sudah sempat melakukan pemetaan. Soal itu, ada desa adat yang mendukung dan ada yang meniadakan. Jika terjadi kontrofersi hal yang 

biasa,” katanya.

Pembicara lainnya, Sekretaris Jenderal Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) Pusat I Dewa Nyoman Budiasa menilai, anka muda Tabanan memiliki potensi dan kreatifitas. Hal itu dilihatnya ketika menjadi salah satu pasangan calon pada Pilkada 2019. 

“Jika berkesenian dan berkreatifitas, sangat luar biasa,” ujarnya. 

Namun, politisi yang juga ketua DPD Nasdem Denpasar ini mengajak anak muda untuk berani berubah sehingga mewujudkan Tabanan era yang baru. Selain itu, sikap untuk bisa menerima perubahan dan berani mengambil tantangan menurutnya sangat diperlukan untuk kesuksesan. 

“Sikap seperti itu bisa dilihat bagaimana perjuangan pahlawan untuk mewujudkan kemerdekaan. Perlu pahami sejarah untuk bekal menuju masa depan,” ujarnya.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/tbn

Banner

Iklan Sponsor

Banner

Iklan Sponsor

Banner

Iklan Sponsor

Banner

Iklan Sponsor



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritatabanan.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Tabanan.
Ikuti kami