search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Panglima Kodam Udayana Ziarah ke Taman Pahlawan Margarana
Selasa, 24 Mei 2022, 19:25 WITA Follow
image

beritatabanan.com

IKUTI BERITATABANAN.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITATABANAN.COM, MARGA.

Menjelang HUT Kodam IX/Udayana ke-65 pada 27 Mei 2022, Panglima Kodam IX/Udayana, Mayjen TNI Sonny Aprianto ziarah ke Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana, Kecamatan Marga, Tabanan, pada Selasa 24 Mei 2022.

Dipilihnya Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana sebagai tempat ziarah adalah upaya untuk mengenang sejarah Puputan Margarana dibawah pimpinan pahlawan nasional dari Bali, I Gusti Ngurah Rai pada 20 November 1946.

Hal ini juga tidak terlepas dari cikal bakal berdirinya Kodam IX/Udayana. 

Di lokasi monumen, Pangdam Sonny dan jajaran melaksanakan penghormatan kepada arwah, mengheningkan cipta, peletakan karangan disertai tabur bunga.

Usai ziarah, Pangdam bersama rombongan meninjau Gedung Sejarah Perjuangan Taman Pujaan Bangsa Margarana yang berisikan bukti-bukti sejarah perjuangan pasukan Ciung Wanara pimpinan I Gusti Ngurah Rai yang dikenal dengan Puputan Margarana.

“Hormat dan bakti serta mengenang jasa-jasa para pahlawan kusuma bangsa menjadi suatu hal yang patut kita ingat selalu sebagai salah satu sarana untuk terus mengobarkan jiwa nasionalisme dan patriotisme demi tetap tegaknya NKRI,” ungkap Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Antonius Totok YP dalam keterangan persnya kemarin siang.

Kapendam Antonius kembali menjelaskan ziarah ini digelar untuk memberikan contoh dan pengetahuan kepada generasi muda penerus bangsa. Tujuannya agar bersama-sama melanjutkan cita-cita mulia perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan keutuhan dan kedaulatan negara Indonesia.

“Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Untuk itu, momen ziarah ke Taman Makam Pahlawan khususnya kepada para generasi muda sebagai penerus tongkat estafet perjuangan bangsa, ini dapat dijadikan inspirasi semangat juang, semangat kebangsaan para pahlawan dalam memajukan dan tertanamnya jiwa militansi sebagai bagian dari bangsa Indonesia,” ujar Kolonel Antonius.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/tbn

Banner

Iklan Sponsor

Banner

Iklan Sponsor

Banner

Iklan Sponsor

Banner

Iklan Sponsor



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritatabanan.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Tabanan.
Ikuti kami