Persona

Gua di Desa Pejaten Tabanan Diduga Tempat Untuk Bertapa

 Kamis, 14 April 2022, 11:00 WITA

Beritatabanan.com

IKUTI BERITABADUNG.ID LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritatabanan.com, Tabanan. 

Adanya penemuan gua di Banjar dalem, Desa Pejaten, Kecamatan Kediri di area rumah warga, diduga ini merupakan yang digunakan untuk meditasi atau bertapa. 

Hal itu diungkapkan oleh warga yang merupakan pemilik lahan tersebut, Ketut Nadha, 42 tahun. Ia menjelaskan perkiraan itu merujuk dari hasil kesimpulan sementara Balai Arkeologi Dan Balai Pelestarian Cagar Budaya Bali yang telah melakukan observasi. 

“Di sekitar tempat ini juga ada beberapa benda prasejarah seperti menhir, dolmen hingga lingga yoni,” ujarnya, Rabu (13.4). 

Benda prasejarah itu ditempat di Pura yang juga tidak diketahui kapan dibagun. Nadha juga menuturkan, Kakeknya yang saat ini berusia 80 tahun juga tidak mengetahui kapan Pura di sekitar tempat tinggalnya itu dibangun.

“Dari penemuan gua ini akhirnya mengungkap, bahwa di sekitar sini memang merupakan kawasan yang dahulu disucikan,” terangnya. 

Saat ini, keberadaan gua yang dalamnya sekitar tujuh meter dan memiliki lebar pada bagian dasarnya mencapai sekitar lima kali tujuh meter ditutup sementara menggunakan seng. 


Halaman :






Hasil Polling Calon Bupati Tabanan 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending Terhangat

Beritabali.TV