search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Cegah Stunting, BKKBN Bali Luncurkan Program Dahsat
Senin, 18 April 2022, 08:55 WITA Follow
image

beritatabanan.com

IKUTI BERITATABANAN.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITATABANAN.COM, TABANAN.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, dr. Ni Luh Gede Sukardiasih meluncurkan program Dapur Sehat Atasi Stunting (DAHSAT)  bersama Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kab. Tabanan, dr. I Nyoman Suratmika di Kampung KB Belalang, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan pada Kamis (18/4).

Dalam kesempatan ini Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, dr. Ni Luh Gede Sukardiasih menjelaskan, program Dahsat ini merupakan salah satu upaya mengatasi Stunting dengan penyediaan makanan yang sesuai dan memenuhi standar kebutuhan nutrisi dan gizi.

"DASHAT merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga berisiko stunting yang memiliki calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, baduta/balita stunting terutama dari keluarga kurang mampu. Dengan melalui pemanfaatan sumberdaya lokal (termasuk bahan pangan lokal) yang dapat dipadukan dengan sumberdaya/kontribusi dari mitra lainnya," Jelasnya. 

Melalui program Dahsat ini diharapkan dapat memberdayakan masyarakat agar bisa  menyediakan dan mengolah makanan dengan memperhatikan nutrisi dan gizi seimbang sebagai asupan bagi ibu hamil, bayi dan balita. 

Lebih lanjut dijelaskan bahwa stunting ini tidak bisa diobati, hanya dapat dicegah. Kesempatan Pencegahan stunting ada pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) terhitung sejak pertemuan sel telur dengan sel sperma sampai si anak umur dua tahun kurang sedikit.

"Kunci sukses dalam pencegahan stunting ialah pemenuhan gizi seimbang pada Ibu hamil dan menyusui. Gizi seimbang itu tidak mahal, tapi kuncinya adalah protein hewani seperti telur dan ikan," Ujarnya.

Sementara Kepala Dinas PPKB Kabupaten Tabanan, dr. I Nyoman Suratmika yang hadir dalam acara peluncuran menjelaskan bahwa stunting merupakan masalah gizi kronis pada balita dalam jangka waktu yang lama yang diakibatkan oleh faktor gizi dan pola asuh. 

"Faktor gizi di sini erat kaitannya dengan makanan, bahannya ada, tetapi kadang ibu-ibu kurang bisa membuat makanan yang menarik, jadi analnya tidak mau makan" Jelasnya. 

dr. I Nyoman Suratmika berpesan agar pihak desa melalui pokja Kampung KB dan PKK agar dapat terus melalukan pembinaan kepada keluarga untuk memanfaatkan  pekarangan rumah dalam pencegahan stunting melalui sajian yang sehat dan menarik.

Dijelaskan saat ini kondisi stunting di Tabanan sudah relatif kecil. Menurut Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021 sudah mencapai 9,2%, di bawah rata-rata provinsi yang mencapai 10,9%.

"Namun kita tidak boleh lengah, harus terus bekerja bersama agar tidak naik, tetapi bisa menurunkan" Tambahnya. 

Pada Peluncuran DAHSAT ini  juga dilakukan demo masak oleh chef dengan memanfaatkan bahan pangan lokal setempat untuk pengolahan menu pencegahan stunting. 

Selain itu untuk memotivasi kegiatan serupa di Kampung KB, BKKBN Bali juga memberikan bantuan sarana dan peralatan memasak seperti kompor, panci, blender.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/tbn

Banner

Iklan Sponsor

Banner

Iklan Sponsor

Banner

Iklan Sponsor

Banner

Iklan Sponsor



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritatabanan.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Tabanan.
Ikuti kami